Jumat, 02 Desember 2011

Tujuan Wisata yang Paling Terkenal di Afrika Selatan

Afrika Selatan sebagai tujuan pariwisata yang sering disebut sebagai “dunia dalam satu negara”, menawarkan semuanya mulai dari kecantikan yang sangat indah sampai dengan kehidupan liar serta kehidupan malam perkotaan yang berkembang dengan pesat. Segmen yang mengalami peningkatan yang paling pesat dalam bidang pariwisata di Afrika Selatan adalah eco-tourism yang meliputi fotografi alam, bird-watching, penelitian tanaman, snorkeling serta panjat tebing dan gunung. Pariwisata menyumbangkan 4,6 persen atas GDP Afrika Selatan dan menyerap tenaga kerja sebanyak 550 orang. Setiap Sembilan wisatawan ynag datang ke Afrika Selatan menciptakan satu lapangan kerja langsung dan dua lapangan kerja tidak langsung.


Meskipun Pelabuhan Cape Town masih menjadi pelabuhan bagi berbagai ukuran kapal barang mulai kapal kontainer dan kapal tanker yang modern sampai dengan perahu nelayan yang menuju Samudra Atlantik untuk mencari Ikan Snoek dan Udang Karang, para penumpang dan perahu untuk mengntar surat yang biasanya digunakan sebagai sumber kehidupan ke Eropa telah hilang ditelan sejarah. Dok kapal yang usang dan terabaikan telah berubah menjadi Victoria & Alfred yang mengagumkan, dan sekarang telah menjadi salah satu tujuan wisata utama di Cape Town. Bangunan – bangunan yang telah direstorasi menjadi tempat bagi Musium Maritim, pub, restoran serta toko kerajinan tangan dan souvenir. Tersedia pula harbour tours, ferry rides dan dua perahu bersejarah yang patut dikunjungi.

Tanjung the Cape Point – ujung baratdaya Afrika, dimana para pelaut pada masa dahulu secara salah mengaggap sebagai ujung Benua Afrika. Tanjung ini berujung pada sebuah rocky finger sepanjang False Bay, dekat Cape Town.
Sumber : VEZA

Western Cape
Wine Routes dari pemotongan anggur pertama yang keasliannya agak diragukan (Jan Van Riebeeck menyebutnya “Spaanse Druiwen”, untuk anggur Spanyol), telah berkembang menjadi sebuah industri, yang sejajar dengan negara – negara penghasil wine terkemuka di dunia. Di Afrika Selatan terdapat sekitar 320 tanaman anggur dan lebih dari 70 varietas anggur. Tanaman anggur merah dan putih keduanya tumbuh di Western Cape. Perkebunan anggur memberikan gambaran sekilas tentang kekayaan sejarah Western Cape yang sayang untuk dilewatkan. 

The Garden Route
The Garden Route membujur sepanjang 220 km di pantai bagian selatan Afrika Selatan dari Mossel Bay di barat sampai ke the Tsitsikamma Forest dan Storms River di timur. The Garden Route merupakan daerah pantai dan teluk yang mempesonakan yang hijau dan dipenuhi dengan bunga, tebing dan ombak yang menabrak karang yang berada tidak jauh di bawah Pegunungan Outeniqua (Outeniqua di bahasa Hottentot berarti “seorang manusia yang mengandung madu”).
Sumber: Journey through South Africa, oleh Gerald Cubitt & Peter Joyce, Struik Publishers, Pty, Ltd. 

Table Mountain
Memiliki ketinggian lebih dari 1000 meter, monolitis, berkabut, moody, mudah berubah oleh angin dan cuaca. Table Mountain mendominasi horizon di atas kota Cape Town. Dari puncak gunung ini, dapat dilihat pemandangan kota dan laut yang menawan, yang dapat dicapai dengan jalan kaki, memanjat atau melalui kereta gantung. Table Mountain telah dinyatakan sebagai Monumen Nasional dan tempat perlindungan bagi flora dan fauna yang unik.
Sumber: Journey through South Africa, oleh Gerald Cubitt & Peter Joyce, Struik Publishers, Pty, Ltd.   

Durban Beachfront
Durban adalah taman bermain Afrika Selatan. Disini terdapat pelabuhan terbesar di Afrika Selatan, kota terbesar ketiga dan surga bagi para pencari kenikmatan. Tepi pantainya sejauh tiga kilometer berjajar hotel moder, aquarium, bowling greens, tempat bermain, taman hiburan, taman – taman, paddling pools, kedai teh, beberapa restoran yang menyediakan makanan lezat, replika kota, dermaga untuk memancing dan pantai yang sangat indah yang lekukannya berbatasan dengan air hangat Samudra Hindia.
Sumber: Journey through South Africa, oleh Gerald Cubitt & Peter Joyce, Struik Publishers, Pty, Ltd. 

Kirstenbosch
Taman Botani Nasional adalah sebuah persembahan dari Cecil Rhodes kepada Bangsa Afrika Selatan pada tahun 1895. Di lereng bagian selatan Table Mountain, terhampar dataran seluas 560 hektar yang meliputi taman yang memiliki desain khusus, taman yang ditumbuhi bunga – bunga yang memancarkan aroma, hutan alam dan fynbos (semak belukar pantai yang masih asli) yang luas. Sekitar 8000 spesies tanaman Afrika Selatan tumbuh di Kirstenbosch yang paling spektakuler pada musim semi (pertengahan Agustus sampai Oktober) meskipun tetap menarik sepanjang tahun. 

Peternakan Burung Unta di Oudtshoorn
Oudtshoorn sebagai kota utama the Little Karo adalah penghasil utama bulu burung unta di dunia, sebuah tempat yang berkembang dengan pesat sebelum Perang Dunia Pertama ketika bulu – bulu (terutama burung unta jantan) menghiasi tutup kepala yang menjadi trend saat itu. Meskipun booming burung unta adalah cerita masa lalu, namun masih terdapat peternakan burung unta yang berkembang. Bulu – bulu burung unta sampai sekarang masih dijual di kota dengan cara lelang kepada masyarakat umum.            
Sumber: Journey through South Africa, oleh Gerald Cubitt & Peter Joyce, Struik Publishers, Pty, Ltd.   

Blyde River Canyon
Pesona the Drakensberg di Propinsi Mpumalanga. The Great Escarpment memanjang dari utara ke selatan sepanjang 300 kilometer, jajaran pegunungan dan jurang yang bergerigi dan spektakuler yang memisahkan Highveld dari Lowveld. The Blyde River Canyon adalah salah satu keajaiban alam Afrika, dimana terdapat air terjun yang tingkat kemiringannya curam dengan ketinggian 800 meter (kata “Blyde” berasal dari bahasa Afrikaans yang berarti “kesenangan”).
Sumber: Journey through South Africa, oleh Gerald Cubitt & Peter Joyce, Struik Publishers, Pty, Ltd.   

Robben Island
Pada masa apartheid, Pulau Robben dekat dengan Table Bay digunakan sebagai penjara yang memiliki tingkat keamanan sangat tinggi dan salah satu tahanan yang paling terkenal adalah Nelson Mandela, mantan Presiden Afrika Selatan. Pulau ini sekarang dapat dikunjungi dan beribu – ribu wisatawan dari segala penjuru dunia telah memiliki kesempatan untuk mencoba katamaran (sejenis kapal dengan dua lambung) dan jasa ferry yang sering sebagai penghubung Pulau Robben dan Victoria & Alfred Waterfront di Cape Town. Pulau ini sekarang menjadi musium dan sebagai tanda peringatan bagi para korban ketidakadilan politik. Sel “no. 5” dimana Presiden Mandela dipenjarakan menjadi tempat yang paling populer untuk dikunjungi. Di pulau ini juga direncanakan akan dibangun sebuah kawasan perlindungan alam dan laut.
Sumber: Satour’s Winter 1997 Survey of South African’s International Tourism Market.

Kruger National Park – A Palette of Eden
Menghirup udara semak belukar Afrika yang hangat dan dan bersih. Tertidur karena menikmati irama alam yang bisa dari raungan singa yang sangat kuat, suara kawanan hyena yang sedang bercanda dan lolongan seekor serigala yang nyaring. Bangun tidur karena mendengar paduan suara dari burung yang bernyanyi dan melihat pasang dan surutnya pada binatang yang datang untuk minum sementara seekor burung elang ikan yang terbang turun untuk menjemput mangsanya. Terpesona oleh gajah dan sapi yang memiliki kekuatan dan ukuran yang luar biasa.

Menjadi seorang petualang dan menenemukan inti dari Afrika bagian selatan. Dibingkai oleh metahari tenggelam yang bersinar dan kumpulan bintang – bintang yang melimpah, terletak Taman Nasional Kruger. Taman yang kaya akan keanekaragaman hewan dan tumbuhan didirikan pada 1898, memanjang sejauh 350 km dari selatan ke utara sepanjang batas wilayah Mozambik sebelum bertemu dengan batas wilayah Zimbabwe.

Taman ini adalah surga bagi para penikmat kehidupan liar, dilengkapi dengan hampir 150 jenis mamalia yang diantaranya adalah 6 spesies kucing serta memiliki lebih dari 500 spesies burung dan lebih dari 300 spesies tanaman yang siap untuk dieksplorasi oleh para pengunjung. Dengan Iklim sub tropis, habitat yang memiliki varietas yang luas dan lahan yang memiliki luas 19.633 km2, taman ini merupakan rumah bagi flora dan fauna yang luar biasa serta tidak dapat disangsikan lagi merupakan pemimpin dunia di bidang kebijakan dan teknik manajemen lingkungan yang dinamis yang diperoleh dari pengalaman selam lebih dari satu abad.

Ketika penjaga hutan memberi sinyal, setiap orang diam di tempat. Apa yang dia lihat? Ketika dia berbicara, semua kepala menoleh dengan perlahan. Sebuah batu terlempar adalah seekor elephant bull (gajah kerbau) yang sangat besar, dengan kamuflase yang sangat baik melalui sebuah pohon palm lala yang tebal. Ketika binatang yang luar biasa tersebut makan dengan tenang, semua orang menahan nafas. Setelah kejadian yang terasa lama sekali tersebut selesai, kepala gajah tersebut terangkat dan kupingnya terkibas – kibas perlahan, gajah itu pun berjalan pelan ke semak belukar.    

Kejadian yang jarang terjadi tersebut dapat dialami apabila mem-booking salah satu jejak hutan belantara Taman Nasional Kruger. Tujuh jejak yang masing – masing memiliki flora dan fauna yang beragam serta kecantikan yang mempesona dan merepresentasikan kekhasan tersendiri menawarkan sebuah pengalaman yang tidak dapat dilupakan bagi para petualang. Para ranger bersenjata akan menjaga sekelompok petualang yang jumlahnya tidak lebih dari 8 orang dalam mengeksplorasi alam Afrika selama 3 malam 2 hari. Rencanakan untuk berangkat pada pagi atau siang hari dari base camp anda dan kembali pada malam hari ke api unggun yang meretih dan makanan yang bergizi. Hilangkan debu dan letih dengan pancuran air yang berada di semak namun tertutup oleh dinding serta beristirahat di gubug khas pedesaan sembari mendengarkan suara alam. Ini adalah Afrika dengan keindahan yang luar biasa.

Taman Nasional lain di Afrika Selatan
Taman Nasional Gajah Addo
Taman Nasional Gunung Zebra
Taman Nasional Tsitsikamma
Dataran Tinggi Golden Gate
Taman Nasional Augrabies Falls
Taman Nasional Karoo
Taman Kgalagadi Transfrontier
Taman Nasional Namaqua
Danau Knysna
Taman Nasional West Coast
Sumber: VEZA

Tujuan Wisata Terkenal
Wisata Alam dan Permainan
Sebanyak 17 taman nasional menawarkan kepada para wisatawan berbagai jenis kehidupan liar dan pemandangan alam yang tidak dapt ditemukan di manapun di Benua Afrika. Tempat yang paling terkenal adalah Taman Nasional Kruger yang memiliki 15 kemah peristirahatan, dari yang murah sampai sangat mewah.

Situs Bersejarah
Kastil Tanjung Harapan di Cape Town adalah bangunan tertua di Afrika Selatan dan merupakan simbol atas kelahiran peradaban barat di subkontinen. Kastil ini selesai dibangun pada tahun 1697 dengan tujuan untuk melindungi para penghuni baru dari kemungkinan adanya serangan (tidak pernah terjadi). Iii adalah salah satu contoh dari berbagai situs yang didirikan di negeri ini dari mulai bangunan bersejarah yang sangat indah sampai dengan monumen – monumen yang didirikan untuk memperingati perang dan pertempuran yang membentuk sejarah Afrika Selatan.

Musium
Hampir setengah dari sekitar 1000 musium di Afrika berada di Afrika Selatan yang terdiri dari museum geologi, sejarah alam, arkeologi dan seni sampai pertambangan, pertanian dan bidang lainnya. Musium Afrika Selatan di Cape Town adalah yang tertua di Afrika Selatan. 

Galeri Seni
Beberapa galeri terkenal diantara para wisatawan asing di Afrika Selatan adalah Galeri Nasional Afrika Selatan di Cape Town, Galeri Seni Johannesburg dan Musium Seni Pretoria.

Desa Budaya
Kebanyakan para wisatawan yang datang ke Afrika Selatan sangat ingin mengeksplorasi keragaman budaya negeri ini. Diantaranya adalah kehidupan masyarakat yang dipisahkan ioleh system Apartheid. Desa budaya yang paling banyak dikunjungi adalah Desa Budaya Basotho, Kota Bersejarah Botshabelo dan Desa Budaya Lesedi dekat Johannesburg.

Kasino
Beberapa resor besar di Afrika Selatan dan di negara – negara sekitarnya seperti Swaziland dan Lesotho, kebanyakan dimiliki oleh kelompok perusahaan the Sun International Hotel and Resorts. Resor yang paling terkenal adalah Sun City & the Lost City (the Lost City menjadi resor yang terbesar di Southern Hemisphere).

Petualangan
Afrika Selatan menawarkan kepada para wisatawan asing petualangan yang total: panjat gunung atau tebing, memancing, menunggang kuda, golf, bersepeda, memanjat bukit, menyelam, snorkeling, paragliding, bungee jumping dll. Banyak wisatawan eropa (khusunya umur 25 – 34 tahun) datang ke Afrika Selatan pada waktu musim panas Northern Hemisphere sebagai waktu terbaik untuk melakukan petualangan – petualangan tersebut.

Teater/Konser
Industri seni pertunjukan di Afrika Selatan diakui secara internasional. Hasil dari industri musik dan teater dapat ditemukan mulai dari Afrika sampai Eropa. Teater yang terkenal di Afrika Selatan adalah the Alhambra di Johannesburg, The Nico Malan di Cape Town, the Playhouse di Durban dan the State Theatre di Pretoria.

Konferensi
Pusat Pertemuan Internasional yang mengagumkan di Durban adalah titik utama industri tempat pertemuan yang meledak. Bangunan ini terletak antara pusat kota dengan stadion olah raga, hanya berjarak 2 blok dari pantai. Hotel Hilton tinggi baru di bangun sepanjang pantai sebagai penginapan para delegasi konferensi.

Backpacking
Bagi para petualang sejati, tempat – tempat yang yang biasa dijadikan tempat untuk melakukan hiking adalah Pegunungan Drakensberg, the Blyde River Canyon, Taman Nasional Tsitsikamma dan the Cape Peninsula (Table Mountain). Afrika Selatan memiliki banyak sekali tempat – tempat indah yang menawarkan keindahan alam yang tak terkalahkan bagi pemanjat tebing yang pemberani. 

Olah raga/penonton
Afrika Selatan memiliki reputasi yang bagus di dunia dalam berbagai cabang olah raga seperti kriket, rugby dan sepak bola. Dengan kembalinya Afrika Selatan ke arena internasional setelah bertahun – tahun terisolasi di bidang olah raga, Afrika Selatan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Rugby pada tahun 1995 dan the Springboks menjadi pemenang di tropi kejuaraan di kandang sendiri! Beribu – ribu wisatawan yang datang ke Afrika Selatan juga memiliki kesempatan untuk menonton the Africa Cup dan pertandingan internasional kriket di Afrika Selatan dimana Afrika Selatan menjadi juara di the Africa Cup.
Sumber ;.southafricanembassy-jakarta.or.id

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes